cerita dan dongeng



Kepingan Emas dari Bintang di Langit

Brothers Grimm


Dahulu kala, ada seorang gadis kecil yang ayah dan ibunya telah meninggal, dan hidup begitu miskinnya sehingga ia nyaris tidak memiliki apa-apa lagi, ia sudah tidak memiliki rumah untuk tinggal dan tempat tidur untuk tidur, kecuali pakaian yang dikenakannya dan sedikit roti di tangannya yang diberikan kepadanya oleh orang yang menaruh iba kepadanya.

Tetapi gadis kecil ini baik hati dan saleh. Karena gadis kecil ini tidak memiliki rumah dan tempat untuk berteduh lagi, ia pun memutuskan untuk melakukan perjalanan ke alam terbuka dan mempercayakan nasibnya kepada Tuhan.

Si Gadis Kecil mengumpulkan kepingan emas yang jatuhDi perjalanan, ia bertemu dengan orang miskin yang berkata kepadanya, "Ah, berilah aku sesuatu untuk dimakan, aku sangat lapar!" Si Gadis Kecil ini memberikan seluruh rotinya kepada orang tersebut sambil berkata, "Semoga Tuhan memberikan berkah untukmu," lalu melanjutkan perjalanannya.

Tidak lama kemudian, datanglah seorang anak yang mengerang sambil berkata, "Kepalaku sangat dingin, berikanlah aku sesuatu untuk menutupinya." Si Gadis Kecil pun melepaskan kerudungnya dan memberikannya kepadanya.

Ketika ia berjalan sedikit lebih jauh, ia bertemu dengan seorang anak lain yang tidak memiliki jaket dan menggigil kedinginan. Ia pun memberikan jaketnya kepada anak tersebut. 

Dan saat berjalan sedikit lebih jauh lagi, ia menemui seorang anak yang meminta jubah luarnya, dan ia pun menyerahkan jubah luar itu juga.

Akhirnya ia masuk ke hutan dan saat itu hari sudah menjadi gelap, dan datang lagi seorang anak yang lain dan meminta gaun yang dipakainya. Gadis kecil yang baik hati ini berpikir, "Hari sudah malam dan gelap, tidak ada yang melihat saya lagi apabila saya memberikan gaun saya dan anak ini kedinginan dan lebih membutuhkannya" dan saat ia berpikir seperti itu, tiba-tiba bintang-bintang yang terlihat terang di langit, seolah-olah turun dan bertaburan di sekelilingnya, dan saat ia mengambil dan memperhatikan benda berkilau yang jatuh itu, yang dilihatnya adalah kepingan-kepingan uang emas yang sangat banyak, dan saat itu juga, gaun yang dikenakannya berubah menjadi gaun yang sangat indah dan terbuat dari kain yang terbaik. Gadis kecil inipun mengumpulkan semua kepingan emas yang jatuh dan semenjak itu, ia menjadi kaya-raya sampai akhir hidupnya.


   Google+    Digg it