cerita dan dongeng



Perlombaan antara Kelinci dan Kura-kura

Aesop


Kura-kura memenangkan perlombaan lari melawan kelinciSeekor kelinci mengejek seekor kura-kura karena bergerak terlalu lambat.

"Pernahkah kamu tiba di tujuanmu?" kata sang Kelinci sambil tertawa.

"Ya," jawab sang Kura-kura, "dan Saya selalu tiba lebih cepat dari yang pernah kamu bayangkan. "Mari kita berlomba dan membuktikan siapa yang lebih cepat."

Kelinci tersebut merasa lucu sekaligus senang dengan perlombaan lari yang diajukan oleh sang Kura-kura, dan Ia pun menyetujui perlombaan lari itu. Untuk itu ditunjuklah seekor Rubah yang diangkat menjadi wasit.

Saat perlombaan dimulai, sang Kelinci berlari dengan cepatnya hingga hampir tidak terlihat lagi, dan untuk membuat sang Kura-kura merasa lebih bodoh karena memberikan tantangan lomba melawan sang Kelinci, di pertengahan jalan, sang Kelinci pun berbaring dan tidur.

Sementara itu sang Kura-kura tetap berjalan perlahan, sedikit demi sedikit, dan melewati tempat di mana sang Kelinci tidur. Saat sang Kura-kura mendekati garis finish, sang Kelinci terbangun dan berlari sekencang-kencangnya untuk mencapai garis finish. Tetapi apa daya, walaupun sang Kelinci berlari sekuat tenaga, Ia tidak dapat mengalahkan sang Kura-kura yang telah mencapai finish terlebih dahulu.

Perlombaan tidak selalu dimenangkan oleh yang tercepat.


   Google+    Digg it