cerita dan dongeng



Rubah Dalam Sumur dan Kambing Jantan

Aesop


Rubah di dalam sumur memanggil sang Kambing untuk ikut turun minumSeekor Rubah jatuh ke dalam sumur yang walaupun tidak terlalu dalam, sudah tidak dapat lagi keluar dari sumur itu. Setelah lama berada dalam sumur, seekor kambing jantan yang haus datang. Sang Kambing mengira bahwa sang Rubah melompat turun ke dalam sumur untuk meminum airnya, sehingga dia lalu bertanya apakah air di dalam sumur tersebut segar.

"Air dalam sumur ini, adalah air yang terbaik di seluruh negeri," kata Rubah yang licik, "lompatlah ke sini dan coba sendiri. Air ini lebih dari cukup untuk kita berdua."

Kambing jantan yang sudah kehausan langsung melompat masuk ke dalam sumur untuk minum. Saat itu juga sang Rubah melompat ke punggung sang Kambing lalu melompat keluar dari sumur.

Kambing yang bodoh sekarang tersadar dengan nasib yang dialaminya, lalu memohon sang Rubah untuk menolongnya keluar. Tetapi sang Rubah telah pergi menuju hutan.

"Jka kamu lebih tanggap terhadap suatu keadaan," katanya sang Rubah berlari, "Kamu akan lebih hati-hati dan pasti mencari jalan keluar terlebih dahulu sebelum melompat masuk."

Berpikirlah sebelum melakukan sesuatu.


   Google+    Digg it