cerita dan dongeng



Rubah dan Monyet yang Diangkat Menjadi Raja

Aesop


Sang Monyet terperangkap karena keserakahannyaPada pertemuan besar yang diadakan oleh para binatang untuk memilih raja yang baru, seekor monyet diminta untuk menari. Karena tarian sang Monyet begitu indahnya, dan membuat semua binatang yang melihatnya menjadi senang, diangkatlah sang Monyet menjadi raja mereka.

Tetapi seekor rubah yang hadir pada pertemuan itu, tidak senang pada keputusan dari teman-temannya karena menganggap bahwa sang Monyet tidaklah pantas untuk dijadikan raja.

Suatu hari sang Rubah menemukan perangkap dengan umpan daging yang dipasang oleh pemburu, dan dengan segera sang Rubah menghadap sang Monyet yang telah menjadi raja, untuk menyampaikan kepadanya bahwa dia telah menemukan harta karun yang tidak ternilai harganya, hanya saja dia tidak berani menyentuhnya karena harta itu adalah milik raja.

Sang Monyet yang serakah mengikuti sang Rubah menuju ke perangkap tadi. Saat melihat daging pada perangkap, serta-merta sang Monyet langsung menyambarnya tanpa pikir panjang hingga akhirnya sang Monyet terperangkap. Sang Rubah yang berdiri di samping sang Monyet, tertawa dan berkata:

"Kamu berpura-pura menjadi raja kami, tetapi kamu tidak bisa menjaga dirimu sendiri!"

Setelah kejadian itu, para binatang di hutan mengadakan pemilihan raja yang baru kembali.

Pemimpin yang benar, terbuktikan dengan kualitas dirinya.


   Google+    Digg it