cerita dan dongeng



Serigala dan Anak Kambing yang Berhati-hati

Aesop


Serigala mendengarkan pembicaraan induk kambing dan anaknyaSuatu pagi, induk kambing akan pergi ke pasar untuk berbelanja kebutuhan rumah tangganya dan terpaksa meninggalkan anaknya sendiri di rumah.

Sambil mengunci pintu dengan hati-hati, induk kambing berkata kepada kambing kecil, "Jagalah rumah ini baik-baik anakku, jangan biarkan orang lain masuk, kecuali mereka memberikan kata password: 'Serigala adalah musuh kita!'"

Kebetulan saat itu, ada seekor serigala yang mengintai kedua kambing itu dan mendengarkan pembicaraan induk dan anak kambing. Begitu induk kambing pergi dan menghilang dari pandangan, sang Serigala lalu berjalan ke pintu rumah dan mengetuk pintunya.

"Serigala adalah musuh kita!" kata sang Serigala dengan lembut.

Apa yang di ucapkan serigala, adalah password yang benar, tetapi saat sang Anak Kambing mengintip dari celah-celah pintu dan melihat bayangan sekilas di luar pintu, dia merasa tidak nyaman untuk membuka pintu.

"Coba perlihatkan tapak kaki kambingmu," katanya, "kalau tidak, saya tidak akan membiarkan kamu masuk."

Tentu saja tapak kaki serigala dan kambing sangat berbeda bentuk. Karena itu sang Serigala tidak bisa memperlihatkan tapak kaki kambing dan dia pun pergi meninggalkan rumah tersebut.

"Untungnya saya sangat berhati-hati," kata anak kambing kepada dirinya sendiri saat melihat sang Serigala masuk kembali ke hutan.

Berhati-hatilah dan periksa berulang kali sebelum melakukan sesuatu yang beresiko.


   Google+    Digg it