cerita dan dongeng



Serigala dan Bayangannya Pada Tanah

Aesop


Sang Serigala mengagumi bayangannya yang terlihat besar di tanahPada suatu sore, seekor serigala meninggalkan sarangnya dengan hati yang senang dan bersemangat untuk berjalan-jalan. Saat dia berlari, matahari senja membuat bayangannya pada tanah menjadi terlihat panjang, seolah-olah serigala itu menjadi lebih besar beberapa kali dari yang sebenarnya.

"Wow," kata sang Serigala dengan bangganya, "Lihatlah betapa besarnya saya sekarang! Saya tak akan lari lagi dari singa yang kecil! Akan saya tunjukkan padanya siapa yang lebih pantas menjadi raja, dia atau Saya."

Sang Singa yang kebetulan berada tidak jauh dari sang Serigala, marah saat mendengar kata-kata sang Serigala dan sang Singa langsung menyerang sang Serigala. Sang Serigala yang tidak sadar akan kehadiran sang Singa dan masih mengagumi besar bayangannya pada tanah tiba-tiba dikejutkan dengan bayangan yang jauh lebih besar hingga menutupi seluruh bayangannya. Saat itu juga sang Singa memukulnya dengan sekali pukul hingga sang Serigala jatuh terkapar.

Jangan biarkan angan-angan membuat kalian lupa dengan kenyataan.


   Google+    Digg it