Mengakses Internet dengan aman


Anak-anak sedang belajar dengan bantuan komputerMengakses internet sangat menyenangkan dan penuh dengan sumber pengetahuan, tetapi kamu tetap perlu berhati-hati dalam menggunakan internet. Hal-hal yang perlu kamu perhatikan pada saat mengakses internet adalah:

  1. Jangan pernah memberikan informasi pribadi secara online pada orang atau website secara online tanpa pengawasan atau sepengetahuan dari orang-tua atau wali kamu, informasi tersebut dapat berupa nama lengkap kamu, password, alamat rumah, alamat sekolah, nama teman ataupun nomor teleponmu.

  2. Jangan langsung percaya pada semua yang kamu lihat di internet. Percaya pada insting kamu, apabila kamu merasa hal tersebut bersifat menyesatkan dan tidak benar, kemungkinan besar hal tersebut benar-benar menyesatkan. Mintalah selalu pendapat orang-tua, wali atau orang yang kamu kenal dan lebih berpengalaman.

  3. Apabila kamu melihat sesuatu yang membuat kamu tidak merasa enak, tinggalkan segera website tersebut dan beritahu orang tua atau wali mu.

  4. Jangan pernah mengatur pertemuan langsung dengan orang yang kamu temui pada saat online.

  5. Jangan pernah membeli sesuatu ataupun mengikuti kontes/pertandingan tanpa meminta ijin dari orang-tua atau wali mu.

  6. Minta bantuan atau tanyakan pada orang-tua/wali sebelum men-download, membuka, ataupun mengirim attachment pada satu email. Attachment ini termasuk foto, gambar, program, atau apa saja!

  7. Jangan meng-klik link pada email apabila email tersebut berasal dari orang yang tidak kamu kenal atau percaya.

  8. Hormati orang lain yang sedang online dan mereka akan menghargai kamu juga.

  9. Selalu ikuti nasihat dan aturan dari keluargamu mengenai penggunaan internet! Orang-tua/wali kamu selalu lebih tahu apa yang terbaik untuk kamu.

  10. Selamat mengakses internet!